4 Tips Perjalanan Bersama Balita dengan Pesawat Terbang



Liburan sekolah merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak. Rencana liburan pun jauh-jauh hari sudah direncanakan. Bali adalah destinasi perjalanan pilihan kami. Perjalanan liburan kali ini akan kita lakukan dengan seluruh anggota keluarga, yang artinya juga membawa Balita kami yang masih berusia  3 tahun. Sempat ragu karena ini kali pertama Balita kami pergi dengan perjalanan yang cukup jauh. Pesawat terbang menjadi pilihan terbaik dengan pertimbangan akan memakan waktu yang tidak terlalu lama dan akan menjadi pengalaman pertama bagi Balita kami.

Selain mempersiapkan barang yang harus dibawa, namun hal yang tak kalah penting adalah dengan mempersiapkan balita dalam perjalanan pertamanya dengan menggunakan Pesawat Terbang. Penerbangan pertama untuk Balita bukanlah yang mudah, tidak semua balita siap melakukan first flight. Sehingga orangtua harus benar-benar mempersiapkan mental anak secara baik. Mulai persiapan dari rumah, saat di Bandara apa saja yang dapat dilakukan orangtua bersama dengan balita selama menunggu, menceritakan tentang apa saja yang mungkin akan dilihat selama penerbangan, dan hal-hal yang menyenangkan sesampainya ditujuan.

Area Bermain Ruang Tunggu

Pengalaman Pertama Sheinna Naik Pesawat 

Tertidur Setelah Melihat-lihat Buku Cerita


Dengan kondisi tersebut membuat kami harus benar-benar melakukan persiapan secara baik tentang apa saja yang harus di bawa selama penerbangan. Apalagi kami memiliki Balita dengan riwayat alergi. Yuuk kita intip barang apa saja yang kami bawa selama penerbangan   :
1.       Keperluan Pribadi
Bawalah satu tas berisi keperluan balita selama dalam pesawat nanti. Keperluan apa saja yang perlu dibawa ? yang terpenting adalah pakaian ganti, jaket untuk membantu balita jika ruangan dalam pesawat terlalu dingin, dan jangan lupa membawa Diapers. Untuk memberi kenyamanan lebih pada balita perlu juga dibawakan bantal atau selimut kesukaannya, hal tersebut dapat membantu balita menjadi lebih tenang selama perjalanan.

2.       Makanan dan minuman
Bawalah kudapan, snack ringan yang dapat menjadi cemilan balita selama dalam perjalanan. Pilihlah makanan yang sehat dan mudah untuk dimakan balita, mudah Lumer dimulut, dengan tektur yang tidak keras. Bawalah makanan dengan variasi tidak terlalu banyak sehingga tidak membuat balita bingung. Alangkah baiknya makanan ditempatkan di tempat pribadi. Keuntungan dengan membawa tempat makan pribadi, makanan masih dapat disimpan saat nanti diperlukan oleh balita selama dalam perjalanan dan lebih higenis.
Minuman yang tidak boleh lupa dibawa selama dalam perjalanan adalah susu atau minuman ringan lainnya seperti juice buah yang sudah ditempatkan pada tempat minum pribadinya.

3.       Mainan atau buku cerita
Selama dalam perjalanan balita mungkin akan bosan dan rewel. Untuk menghindari kejadian tersebut orangtua dapat membawakan mainan kesukaannya. Pilihlah mainan yang tidak terlalu besar sehingga tidak menyulitkan balita dalam memainkannya dipesawat. Atau dengan membawakan buku cerita yang ia senangi. Bawalah buku cerita dengan karakteristik gambar yang lebih banyak dibandingkan tulisan sehingga lebih menarik untuk balita. Hal tersebut juga dapat melatih imajinasi anak.

4.       Obat-obatan
Hal terakhir yang tidak boleh dilupakan adalah membawa obat-obatan pribadi. Selama dalam perjalanan terkadang kita akan dihadapkan dengan hal-hal yang tidak terbayangkan sebelumnya. Untuk mengantipasi hal tersebut alangkah baiknya juga kita menyiapkan obat-obatan pribadi balita kita. Obat-obatan pribadi dapat berupa minyak telon, obat batuk, obat memar, obat demam atau yang lainnya.





Dengan menyiapkan keperluan balita selama dapat perjalanan menggunakan Pesawat Terbang diharapkan perjalanan akan lebih menyenangkan dan akan membuat kesan tersendiri untuk Balita. Make Your First Flight to be Your Advantures.


Selamat berlibur Bunda.

Komentar

  1. bepergian bersama anak kecil memang sedikit lebih repot ...tapi asyik :)
    buku02.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer