Serunya Berburu Sunrise di Punthuk Setumbu Magelang


Liburan Sekolah yang lumayan panjang membuat anak-anak membuat trip perjalanan yang mereka inginkan. Dari beberapa wishing list yang mereka miliki akhirnya kami sepakat untuk menelusuri indahnya kota Magelang. Ada beberapa wisata yang ingin kami kunjungi, seperti Punthuk Setumbu, Hutan Pinus Magelang dan Kopeng. Banyak cerita tentang betapa indahnya melihat sunrise di Punthuk Setumbu membuat kami semakin penasaran.

Persiapan perjalanan pun kami siapkan karena kami membawa balita seperti mempersiapkan perlengkapan pakaian, bekal makanan jangan lupa obat-obatan yang penting dikarena saat ini sedang musim hujan dan cuaca di Kota Magelang yang sedikit agak dingin dibandingkan kota kami.

Mengejar sunrise ternyata membutuhkan persiapan waktu yang harus dipikirkan. Kami memperhitungkan waktu perjalanan dari rumah menuju Punthuk Setumbu yang diperkirakan akan memakan waktu kurang lebih 2 jam, sehingga kami harus berangkat sangat pagi. Sarapan pagipun kami lakukan di mobil, sangat menyenangkan melakukan perjalanan dipagi hari dengan udara yang masih segar. Membuat kami semakin bersemangat melakukan perjalanan ini.




Selama perjalanan ternyata hujan rintik turun, kami berharap sesampainya di Punthuk Setumbu cuaca akan kembali bersahabat sehingga kami masih dapat mengejar sunrise. Mendekati punthuk setumbu perjalanan semakin melambat karena libur panjang membuat pengunjung lebih padat dibanding dengan hari-hari lain.

Perjalanan menuju puncak setumbu melewati jalan perkampungan namun jangan khawatir sudah banyak rambu-rambu petunjuk jalan menuju Punthuk Setumbu. mendekatilokasijalan hanya cukup untuk dilewati satu kendaraan dan sedikit menanjak sehingga keluar masuk mobil harus dilakukan secara bergantian. Namun tidak perlu khawatir karena telah banyak petugas yang akan memandu kita disana.

Karena tempat parkir sudah penuh kami harus parkir dihalaman rumah penduduk, yang juga tidak begitu jauh dari pintu masuk Punthuk Setumbu sehingga kita harus berjalan kaki. Malas berjalan kaki? Jangan khawatir banyak jasa ojek yang siap membantu.

Untuk yang belum sarapan jangan khawatir akan banyak warung-warung tersedia di sepanjang perjalanan menuju puncak. Memasuki lokasi Punthuk Setumbu kita disuguhkan dengan banyaknya anak tangga yang harus dilewati untuk sampai puncaknya, Semangaaaat ! Walau menguras tenaga namun kami cukup bersemangat, apalagi membayangkan pemandangan yang ada. Sesampainya diatas kelelahan kami terbayarkan dengan indahnya pemandangan dari puncak setumbu.

Walau kami gagal menikmati sunrise karena cuaca yang kurang bersahabat. Namun kita masih bisa menikmati keindahan hamparan hijau persawahan, dengan latar belakang perbukitan menoreh, candi Borobudur dan gereja ayam dari kejauhan ditemani segelas teh atau kopi panas yang banyak tersedia di warung-warung kecil disepanjang perjalanan






Di Punthuk Setumbu banyak spot-spot yang sangat instragramable dengan petugas photo yang sangat bersahabat mengarahkan gaya kita agar terlihat cantik. Jangan lupa antri ya

Perjalanan menuju punthuk setumbu merupakan perjalanan yang sangat menyenangkan. Walau melewati perjuangan dari bangun pagi dan naik tangga yang lumayan jauh namun semua itu worth it dengan indahnya pemandangan yang disajikan di puncak.

Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan perjalanan menuju Punthuk Setumbu adalah :
1.   Datang sepagi mungkin, estimasi waktu jam 03.00 – 04.00 agar dapat melihat sunrise dan mendapatkan parkir lebih dekat dengan pintu masuk punthuk setumbu.
2.   Jangan lupa untuk sarapan atau setidaknya membawa cemilan karena menaiki tangga menuju puncak akan membutuhkan ekstra energi loh.
3.   Untuk yang membawa Balita diharapkan untuk membawa pakaian hangat karena cuaca dingin yang diatas puncak.
4.   Datanglah pada saat cuaca bersahabat agar lebih dapat menikmati pemandangan dan sunrisenya.
Yuuuk jalan-jalan asyik ke punthuk setumbu.

______________
Punthuk Setumbu
Alamat :
Borobudur Ngadiharjo KM3, Kurahan, Karangrejo, Borobudur
Magelang, Jawa Tengah 56553                                                        




Komentar

  1. Waaaahh lengkap bangeett ceritanyaaa, jadi tahu do/dont kalau mau ke Punthuk Setumbu, suwun mbaaa... Aku pengin ke situ juga..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer