Perjalanan Wisata di Monkey Forest Ubud Bali


Ubud – menjadi satu destinasi wisata di Bali yang tidak  boleh dilewatkan. Wilayah Ubud terkenal karena memiliki lokasi yang sangat indah serta seni dan budayanya yang berkembang maju. Selain banyaknya lokasi pusat perbelanjaan, pasar seni juga terdapat banyak lokasi wisata wajib dikunjungi. Salah satu tempat wisata yang terkenal dan memiliki banyak kunjungan adalah Monkey Forest Ubud.

Monkey Forest Ubud Dikenal sebagai Mandala Suci Wenara Wana  yang berlokasi di Jl. Monkey Forest Ubud, Gianyar, Bali banyak dikunjungi wisata baik domestik maupun Manca Negara.

Kawasan Mandala Suci Wenara Wana (Monkey Forest Ubud) yang berarti tempat khusus bagi monyet untuk tinggal. Monkey Forest Ubud bukan hanya menjadi kawasan daya Tarik bagi wisatawan namun juga  menjadi satu komponen penting bagi kehidupan spiritual dan ekonomi dari masyarakat lokal, namun juga menjadi satu lokasi untuk penelitian dan program konservasi alam dimana terdapat kurang lebih 115 jenis spesies pohon di sana. 

Jenis kera yang hidup dikenal sebagai Kera Bali Ekor Panjang yang dalam istilah ilmiahnya disebut Macaca fascicularis. Dalam bahasa Inggris disebut macaque. Ada sekitar 600 ekor kera yang menghuni kawasan ini yang terbagi dalam lima kelompok.




Petunjuk Arah Monkey Forest Ubud

Photo sambil deg-degan sebenarnya
Tiga pura yang terdapat di kawasan Monkey Forest Ubud :
  • Pura Dalem Agung - berlokasi di barat daya kawasan. Pura ini adalah tempat memuja Tuhan (Hyang Widhi) dalam personifikasinya sebagai Dewa Siwa atau Hyang Pendaur Ulang.
  • Di barat laut kawasan, anda akan menemukan Pura Beji  - Pura ini  adalah tempat memuja Tuhan (Hyang Widhi) dalam personifikasinya sebagai Dewi Gangga. Pura ini adalah tempat pensucian sebelum dilangsungkannya upacara (piodalan). Pura Beji juga sering digunakan untuk melukat sebagai pembersihan lahir dan bathin secara spiritual.
  • Pura ketiga adalah Pura Prajapati  - Pura ini terletak di timur laut kawasan. Pura ini berdampingan dengan kuburan. Di Pura ini umat Hindu memuja Tuhan (Hyang Widhi) dalam personifikasinya sebagai Prajapati. Perlu diketahui, kuburan yang ada, digunakan untuk sementara waktu sambil menunggu saat dilaksanakannya ngaben massal yang diadakan setiap 5 tahun sekali.











Memasuki kawasan MonkeyForest Ubud kami sedikit waspada karena banyaknya kera-kera yang bebas dan sepertinya sudah terbiasa berinteraksi dengan manusia. Banyaknya cerita dari teman-teman yang sudah ke Monkey Forest Ubud sebelumnya membuat kami harus lebih berhati-hati terhadap barang bawaan kami. Memasukan barang-barang yang penting seperti jam tangan, kacamata atau barang-barang yang akan menari perhatian dari monyet-monyet tersebut serta mengancing tas kita dengan baik.

Kita dapat memberi makan dengan membeli pisang yang terdapat di area hutan namun bersiap-siaplah karena akan memancing perhatian dari monyet-monyet tersebut. Namun kita tidak perlu khawatir karena banyak penjaga hutan yang akan membantu jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

wah sepertinya si monyet mau pisang



 Menyenangkan sekali bisa berkunjung dan melihat habitat serta interaksi monyet-monyet di Monkey Forest Ubud. Its so Exciting ….
__________________________
Alamat : Jl. Monkey Forest Ubud, Gianyar, Bali
Buka : 08.30 – 18.00 WIB
Pelayanan tiket : 08.30 – 17.30 WIB
Harga Tiket  :
Dewasa – 50k
Anak-anak – 40k




Komentar

Postingan Populer